Mengatasi Masalah Tanpa Masalah

astra3

GS Astra Delivery, layanan antar aki dari Shop & Drive yang siap membantu Anda apabila mengalami mobil mogok atau kendala lain yang disebabkan karena aki.

Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai “baterai” mobil – Wikipedia.

Nama saya Unga, bertahun-tahun yang lalu hingga saat ini, tidak pernah rasanya terpikir sekalipun ataupun sedikitpun mengalami kejadian mobil mati, tidak dapat bergerak disaat sedang sendiri, sunyi dan sepi – XD. Walaupun burung-burung bernyanyi dengan riang di atas pohon cemara sana.

Hanya tukang opak yang menatap penuh kasih sambil nawarin opak. Ingin sekali rasanya menangis, tapi tidak tahu apakah menangisi luka yang terpendam di dasar hati terdalam, menangisi bersahajanya penjual opak tadi, menangisi mobil yang tiba-tiba tidak menyala, atau menangisi nasib mem-pertanggung-jawabkan mobil mati ini.

Biasanya saya adalah tipe orang tidak terlalu ambil pusing dengan masalah yang ada, dan biasanya saya tipe orang yang cerdas, cepat dan tepat serta tanggap dalam mengambil langkah jika ada masalah. Dan biasanya pula, saya termasuk orang yang dewasa menyikapi persoalan. Tapi tidak untuk hari itu, kebiasaan menjadi cerdas tiba-tiba hilang menguap bersama angin, terbang seperti debu. Yang ada dipikiran saya, mobil bapak mati!.

Bapak adalah pensiunan dari sebuah perusahaan badan usaha milik negara. Dia orang yang ramah, baik hati, rupawan dan bijaksana. Namun tahukah kamu? Bapak bisa tiba-tiba berubah mengerikan jika mengetahui terjadi sesuatu pada mobilnya, mobilnya itu ibarat anak kesayangan baginya. Bahkan mungkin dengan tingkat kasih sayang yang melebihi tingkat mengasihi dan menyayangi pada kami, anaknya *seka air mata. Jadi jangankan mogok, mati, lecet sedikit saja perlu waktu khusus untuk mengembalikan mood dan senyuman di wajahnya. Lalu sekarang kesayangannya itu mati tak meninggalkan pesan sedikitpun. Haru-nya lagi, saya tidak punya pulsa untuk phone a friend minta bantuan sama teman-teman tercinta, mau pulang ke rumah juga rasanya gak mungkin, dunia akan berakhir, dan saya belum siap mengakhirinya dengan menghadapi kenyataan yang pahit ini. Hiks …

Akhirnya menangislah saya karena berbagai emosi yang tidak saya pahami ditemani sekantung opak, rasa opaknya menjadi aneh, manisnya menjadi getir, warna cerianya menjadi bladus. Sementara handphone terus berbunyi-bunyi dengan pemberitahuan pesan baru yang masuk tiada henti hingga mau tidak mau saya pun mengintipnya.

Dimana mako? Lamanya iniE’ “ –kalimat ini dituliskan dalam bahasa Makassar, artinya: kamu sudah di mana? Kenapa lama sekali-. Bunyi salah satu pesan,

Nga ini udah jam berapa? Telat nih …”. Bunyi pesan lainnya,

Nga kalo bisa titip beliin tusuk gigi yah, sama pembersih tangan “. Bunyi pesan lainnya juga,

jangan lupa isi bensin, 100 ribu saja! “. Pesan terakhir membuat saya bergidik ngeri, itu pesan cinta dari Bapak.

Kembali pandangan saya bertemu dengan sosok penjual opak tadi, samar-samar saya melihat dia tersenyum dari kejauhan. Lalu berteriak, “ Akiiinyaaaa kaaali mbaaak … “. Dengan suaranya yang membahana dan cukup berhasil membuat orang-orang yang lewat menatap saya dengan penuh rasa keingintahuan yang tinggi, sebut saja kepo. Astaghfirullah! Iyaah benar aki, tidak terpikir ke sana saking kalutnya. Hasilnya saya sibuk bertanya disana sini dalam group-group percakapan yang saya ikuti. Beberapa diantanya menyarankan untuk menghubungi layanan derek untuk dibawa ke bengkel. Namun diantaranya pula saya menemukan informasi tentang layanan antar aki GS Astra Delivery. Ahaa!

Ternyata layanan ini sudah sampai ke Makassar, Shop & Drive menyediakan GS Astra Delivery, layanan antar aki yang sesuai dengan mobil kalian. Baik aki dengan;

Tipe Maintenance Free, atau lebih dikenal dengan sebutan aki kering, jenis aki yang tidak membutuhkan perawatan sama sekali karena tidak harus melakukan pengecekan dan pengisian air aki lagi. Aki hemat waktu dan biaya.

Tipe Hybrid, aki yang menggunakan teknologi Hybrid, penguapan air aki lebih rendah dan jangka waktu pengisian air aki pun tidak sesering aki Tipe Premium.

Tipe Premium, Aki konvensional yang banyak digunakan oleh hampir seluruh produsen mobil, untuk tipe ini bisa dilakukan pengisian dengan air aki(Accu Zuur).

Dan aki-aki tersebut dapat langsung dipasangkan oleh mekanik dari outlet Shop & Drive dari lokasi terdekat tempat kalian mengalami masalah bapak yang akan marah mati aki setelah pengambilan data, serta didukung oleh sistem pembayaran yang sangat memudahkan pelanggan. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai, debit, ataupun dengan menggunakan kartu kredit tanpa tambahan biaya. Menggembirakannya lagi, tidak ada tambahan biaya juga untuk pengantaran dan pemasangannya, cukup hanya membayar harga aki-nya saja. Alhamdulillah yah …

Sedikit kilas balik tentang Fungsi Aki adalah untuk menyimpan energy listrik dalam bentuk energy kimia yang akan digunakan untuk mensuplai ( menyediakan ) listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen-komponen kelistrikan lainnya. Di dalam aki mobil terdapat elektrolit asam sulfat, elektroda positif dan negative dalam bentuk plat. Plat-plat tersebut dibuat dari timah atau berasal dari timah dan biasanya dibagi dalam 6 sel yang dalam masing-masing selnya terdapat beberapa elemen yang terendam di dalam elektrolit ( berbagai sumber ). Jadi jika fungsi aki tidak berjalan dengan baik, maka akan membuat mobilmu diam membisu seribu bahasa.

astraTapi jangan khawatir jika itu terjadi dan perlu penggantian aki, saat ini dengan Outlet Shop & Drive yang berjumlah 363 dan telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, GS Astra Delivery siap melayani kebutuhan pelanggan akan pengantaran dan pemasangan aki ini kemana pun dan di mana pun untuk kota-kota besar seperti; Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar dan Makassar dengan layanan 24 jam.

astraUntuk mendapatkan layanan ini sangat mudah, cukup menghubungi Call Shop & Drive di nomor 15-000-15 baik dari telepon rumah ataupun selular dari seluruh wilayah di Indonesia dan hanya dikenakan tarif panggilan lokal. Semua pelanggan yang menghubungi nomor ini akan dilayani oleh agent call yang ramah dan memberikan informasi lengkap mengenai outlet, produk, berbagai program yang ada, dan sebagai pusat pemesanan GS Astra delivery.

asJuga tak hanya itu, sebuah aplikasi keren Shop & Drive dapat diunduh melalui App Store atau Google Play. Selain memudahkan dalam mengakses layanan GS Astra Delivery, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang membuatmu nyaman berkendara; Emergency -panggilan cepat, panggilan kemanan, layanan keselamatan atau pemadam kebakaran-, Outlet -navigasi untuk outlet terdekat-, Products -Informasi bahan bakar, aki, suku cadang, asesoris mobil-, Tips -berbagai informasi menarik tentang berkendara-, Reminders, My Cars dan lainnya.

Hohoho … masalah aki mati di tengah jalan tak lagi sesuram yang dibayangkan. Namun sebelum itu terjadi ada baiknya memperhatikan hal berikut untuk membuat aki mobil bapakmu bertahan cukup lama;

  1. Kurangi penggunaan mobil atau mengemudikannya dengan waktu kurang dari 20 menit. Sebab seringnya mengemudi kurang dari 20 menit akan membuat alternator mempunyai cukup waktu untuk sepenuhnya mengisi ulang aki.
  2. Hindari pengisian daya pada gadget listrik, misalnya mengisi daya telepon selular atau perangkat listrik lainnya. Sebab hal ini membuat aki bekerja terlalu keras sehingga membuatnya mudah kering.
  3. Bersihkan korosi pada aki, pada umumnya korosi pada aki ini menyebabkan kinerja aki cepat menurun. Membersihkannya mudah saja, dapat menggunakan alat pembersih khusus terminal aki atau menggunakan spray khusus yang memang dirancang untuk membersihkan terminal aki.

Akhirnya sore itu terlalui dengan indah, tak lupa sebelumnya membeli tusuk gigi dan pembersih tangan untuk teman juga mengisi bensin 100 ribu untuk Bapak terkasih. Oh ya satu lagi, jangan lupa berdoa sebelum call #GSAstraDelivery siapa tahu bertemu dengan mekanik yang unyu-unyu hihi.

as2

informasi lainnya : Rahmat Hidayat – Kita Punya, Amazine