Kampung Berseri Astra Rappocini, Harapan di Daerah Padat Penduduk

Peduli bukanlah hal  yang mudah jika memang kita tidak memiliki perhatian besar akan suatu masalah. Siapa peduli jika ternyata sebuah kawasan atau warga dalam sebuah lingkungan padat penduduk dapat menjadi produktif dengan program binaan yang baik dan berkelanjutan?

Adalah PT. Astra International, tbk dan perusahaan afiliasinya melalui 4 pilar programnya sebagai fokus binaan; Lingkungan (Environment), Kesehatan (Health), Pendidikan (Education) dan Kewirausahaan/ Pemberdayaan Ekonomi (Economy Productivity) merangkul warga kelurahan Rappocini Makassar untuk dapat lebih berdaya lagi dalam Kampung Berseri Astra “BURASA” – Budaya Rappocini Sehat dan Aman yang merupakan salah satu bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility).

Pagi itu, jumat 27 September 2019, saya diantar suami menuju Arya Duta Hotel Makassar untuk berangkat bersama teman-teman bloger, influencer dan jurnalis menuju Kampung Berseri Astra (KBA). Pagi memang selalu menyenangkan jika diisi dengan hal-hal yang juga menyenangkan. Dua bus berkapasitas 25-30 orang penumpang membawa kami ke jalan Rappocini, menepi di salah satu sisi jalannya lalu membiarkan penumpangnya berhamburan memenuhi gerbang sebuah lorong. Sebenarnya ruas jalan Rappocini ini cukup familiar karena memang sering saya lewati, tapi dengan bus dan rombongan rasanya jauh berdeda. Seperti wisatawan! Hihi… Tari Paduppa (tarian sambutan atau selamat datang) – pun dari Sanggar Seni Rappocini tak luput menyambut kami, lorong bermural cantik itu menjadi padat seketika dengan peserta roadshow, warga dan kehangatan tabuhan gendang iringan tari Paduppa.


Kampung Berseri Astra BURASA (Budaya Rappocini  Sehat dan Aman)

Rappocini adalah sebuah kelurahan di kecamatan Rappocini Makassar, kelurahan ini berhasil melalui tahap seleksi Kampung Berseri Astra karena memang telah melakukan program binaan warganya sesuai dengan 4 pilar yang dinilai oleh Astra sebagai aspek yang berpontensi mendapat binaan dan dikembangkan sejak tahun 2016. Bersama pemerintah setempat juga, warga di kelurahaan ini menjadi lebih produktif dan memiliki edukasi yang baik tentang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan kewirausahaan, seperti programnya yang sudah berjalan; sekolah PAUD Babul Jannah, sanggar seni Rappocini, bank sampah, posyandu – bank minyak jelantah serta UKM (usaha kecil menegah) kerajinan rotan milik bapak Alex.

Kunjungan pertama pada Kampung Berseri Astra ini, kami diajak ke ruang belakang sebuah rumah, akses jalan melalui jalan samping rumah tersebut hanya dapat dilalui satu orang. Sebuah ruangan yang paling besar dari bagian rumah ini dipenuhi kursi juga meja dengan tinggi tidak lebih dari 1 meter yang tertata rapi dengan anak-anak usia dini sedang mewarnai. Inilah PAUD Babul Jannah yang didirikan oleh bapak  Haryadi Tuwo dan sepeninggal beliau kini dikelola oleh anaknya, Ibu Raodah hingga sekolah PAUD ini pun telah memperoleh legalitas pada tahun 2010, buah dedikasi dan kerja keras pendiri, pengelola dan pengajarnya.

Tak jauh dari PAUD Babul Jannah, mural-mural dengan ilustrasi dan warna menarik mengantar kami menuju Sanggar Seni Rappocini, di ujung sana terdengar lagi tabuhan gendang. Rupanya adik-adik dari Sanggar Seni Rappocini sedang menari Gandrang Bulo. Sanggar ini telah melahirkan banyak pelaku-pelaku seni cilik yang terampil khususnya seni tari. Gak heran jika adik-adik dari Sanggar Seni Rappocini ini sering mendapatkan undangan untuk tampil dalam suatu acara baik lokal maupun nasional.

Lima menit berjalan kaki dengan santai, sekitar 100 meter dari Sanggar Seni Rappocini kami diajak ke tempat bank sampah, posyandu – bank minyak jelantah. Pernah gak kamu berpikir minyak jelantah dapat  berguna? Bekerjasama dengan satu social enterprise bernama GenOil, minyak jelantah di tempat ini ditabung dan dapat dikonversi kembali dengan minyak baru. Nantinya minyak-minyak jelantah yang terkumpul ini akan dijadikan produk ramah lingkungan berupa biodiesel, bahan bakar minyak untuk mesin bermotor diesel baik untuk kebutuhan perorangan maupun kebutuhan industri. Benar-benar pelangi selepas hujan program yang satu ini buat ibu-ibu untuk berhemat, juga mengajarkan kita peduli lingkungan dengan pemanfaatan limbah rumah tangga.

Berakhir di usaha kerajinan rotan milik bapak Alex, tidak ada usaha yang akan mengkhianati hasil, dia yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Sungguh takjub saya melihat usaha kecil menengah bapak Alex dengan kerajinan rotannya, bahkan beberapa cafe di kota Makassar ini telah menggunakan kursi-kursi rotan produksi UKM bapak Alex, tak hanya itu pesanan berupa produk rotan lainnya pun sering datang hingga tak jarang bapak Alex membutuhkan bantuan tenaga lebih besar dan mempekerjakan warga sekitar untuk membantunya, peluang kerja pun terbuka. Usaha bapak Alex ini berkembang pesat setelah mendapatkan bantuan dana dari Astra, ini pula yang membuat jaringan pelangganya semakin luas juga permintaan pasar yang tinggi akan produk rotannya.

Matahari jumat itu yang semakin tinggi tidak menyurutkan semangat teman-teman untuk menyusuri lorong demi lorong, dari lorong 3 hingga lorong 5 kelurahan Rappocini Makassar demi melihat langsung sinergi antara pemerintah setempat dan pihak swasta yang telah berhasil menjalankan program-programnya. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari warga yang juga membuka diri untuk menerima binaan. Kampung berseri Astra persembahan PT. Astra International, tbk dan perusahaan afiliasinya telah memberikan harapan baik untuk warga dalam satu wilayah hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dalam program binaannya yang telah tersebar pada 67 lokasi di 30 provinsi di Indonesia hingga tahun 2019 ini.

Program-program Astra dan Satu Indonesia Award

Jujur sejak dua atau tiga tahun lalu saya sering mendengar tentang program-program Astra, saya juga tahu bahwa di kelurahan Rappocini ada Kampung Berseri Astra, tapi tidak berpikir programnya bakal se-kece ini. Salut buat Astra, sebagai salah satu entitas usaha ia mampu menciptakan, membina juga konsisten dalam program-programnya sebagai bentuk tanggung jawab sosial melalui ASTRA CERDAS (pendidikan), ASTRA HIJAU (lingkungan), ASTRA SEHAT (kesehatan), ASTRA KREATIF (seni) dan tentu saja Kampung Berseri Astra.

Tak hanya itu ada Satu Indonesia Award, persembahan Astra pula sebagai bentuk apresiasi bagi generasi muda Indonesia yang tak kenal lelah memberi manfaat bagi masyarakat di seluruh tanah air atas setiap perjuangan di bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima kategori tersebut. Saatnya semangatmu menginspirasi negeri!.

Percayalah, hari itu saya belajar banyak bahwa hidup akan lebih berwarna jika diisi dengan kepedulian untuk sesama dan lingkungan. Terima kasih ASTRA, setengah hari yang berkesan kemarin dapat membuat lebih banyak lagi orang berseri dengan Kampung Berseri Astra. #KitaSATUIndonesia #IndonesiaBicaraBaik #LFAAPA2019MAKASSAR