Author Archives: Unga Tawwa

Masa Depanmu Sebaik Pribadi Dan Upayamu

Masa Depanmu Sebaik Pribadi Dan Upayamu

Namaku Resolusi

Namaku resolusi, pagi masih gelap ketika aku membuka jendela kamar, udara segar menyeruak masuk ke dalamnya, rasa-rasanya menghirup dalam-dalam udara pagi adalah salah satu hal yang amat menyenangkan menurutku, ya, tenang dan damai. Di kejauhan beberapa rumah masih menyalakan lampunya, dan dari atas sini, dari sebuah kamar mungil di lantai dua yang bersih dengan kertas dindingnya yang bermotif serat kayu dan mulai menguning serta mengelupas, aku dapat melihat segalanya lebih jelas. Sinar lampu dari rumah-rumah itu samar-samar terlihat seperti bintang yang berkerlip indah. Lalu jauh di sana, di batas pandang itu terlihat siluet gunung yang cantik, suasana pagi di sini memang selalu terasa hangat walau udara masih cukup sejuk bahkan dingin.

Baiklah Ini sudah Desember, satu bulan yang mungkin saja bagi sebagian orang dianggap hanya sebagai penutup tahun, atau bisa jadi sebagai awal dimulainya Aku dalam kehidupan mereka. Sedang untuk seorang ibu yang bernama Bunga, Aku hanyalah setumpuk harapan yang tertulis indah namun tak kunjung mendatangkan keindahan itu sendiri, selalunya Ia menuduhku sebagai sebuah bentuk kekhilafan karena banyaknya angan-angan yang melekat padaku.

Padahal jika Ia sedikit saja mau mengenalku dan mendapatiku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ia akan menemukan arti namaku yang sangat mengagumkan, Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Sesuatu yang serius, bukan? –seharusnya-.

Sedang Aku di tahun baru itu sendiri sepertinya telah menjadi sebuah tradisi dan dapat ditemukan dimana saja diseluruh belahan dunia ini, benar, ketika tahun berganti. Senang rasanya, sebab menurut tradisi ini, seseorang akan berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan dirinya yang akan dimulai pada saat hari berganti di tahun yang baru… Aku berharap, Bunga melamarku hadir dalam hidupnya tahun ini dengan sungguh-sungguh.

Read the rest of this entry

Kasih Ibu Bersama Tempra Atasi Demam Pada Anak

Kasih Ibu Bersama Tempra Atasi Demam Pada Anak

Belum lagi bekas kulit gosong hilang akibat kelamaan main di pantai saat liburan kemarin, hari itu saya sudah mengemas lagi dengan rapih barang-barang bawaan wajib ke pantai atau ke pulau seperti; baju-baju salin dan renang untuk anak, suami dan saya, kaca mata renang, snorkel dan fin, serta tabir surya beserta ragam camilan yang sudah saya beli ketika belanja bulanan kemarin. Dan untuk makanan berat akan saya beli nanti di perjalanan menuju dermaga. Rencananya pekan ini kami –saya, suami, anak-anak dan teman-teman- akan liburan ke Pulau lagi. Sudah sejak dua pekan yang lalu lembutnya pasir putih Pulau Samalona memanggil-manggil, beningnya air laut membuat rindu tidak dapat dibendung serta nikmatnya secangkir teh hangat dan pisang goreng dengan pemandangan langit dan laut yang biru selalu berputar-putar di kepala, apalagi anak-anak sudah sering menagih kapan ke pulau lagi. Namun diantara semua itu yang menjadi penting liburan ke Pulau Samalona adalah tidak akan membuat emak kere! Hehe…  

Pulau Samalona memang merupakan satu pilihan tempat liburan favorit keluarga saya dan teman-teman, bahkan sejak anak pertama saya lahir dan masih bayi, saya tak segan mengajaknya ke sana. Sebab selain biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar jika kami ke sana, jarak dari rumah menuju dermaga penyebrangan tidak terlalu jauh, waktu tempuh dengan kapal bermotor dari dermaga menuju pulau pun tidak terlalu lama, lebih kurang sekitar 20 hingga 35 menit. Apalagi memang, siapa sih yang bisa menolak pesona pulau cantik yang satu ini? Pulau kecil yang terletak di pantai sebelah barat Kota Makassar dan secara adminstratif pulau ini termasuk dalam wilayah Makassar, kecamatan Wajo. Dan dihuni oleh 8 kepala keluarga yang berbagi pulau.

Pulau Samalona dari atas perahu bermotor

Tapi siang itu harapan tentang liburan di Pulau Samalona sepertinya harus saya urungkan. Saya mendapati Zahra anak pertama saya tampak lesu sepulang sekolah, setelah makan siang dia hanya tiduran sambil membiarkan acara tv berjalan tanpa ditonton serta tidak mengacuhkan beberapa buku bacaan yang berserakan di dekatnya tanpa disentuh sedikitpun. Saya sempat bertanya dia kenapa? Tapi anak itu hanya diam memejamkan matanya. Dengan khawatir saya berusaha meraih tangannya, ternyata tangan mungil itu terasa hangat, cepat-cepat saya mengambil termometer dan mengukur suhu tubuhnya, benar saja termometer menunjukan pada angka 38,9 derajad! Sedih, khawatir, Si Anak demam… So, I’m sorry goodbye  Pulau Samalona, hiks.

Demam dan Penyebabnya

Ibu mana sih yang tidak khwatir ketika anaknya demam? Rasanya langsung gak mood ngapai-ngapain kalau Si Kecil demam, jangankan liburan, jajan ke warung saja rasanya juga gak oke! Berasa sakit juga. Terus apa sih Demam itu? Nah, Demam adalah dimana kondisi ketika suhu tubuh mengalami kenaikan di atas batas normal suhu tubuh pada umumnya. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat dari virus, bakteri atau parasit. Saya langsung merunut kejadian-kejadian beberapa waktu terakhir kalau saja saya melewatkan sesuatu pada Zahra hingga dia demam. Untuk makan sepertinya anak ini tidak pernah telat makan, flu pun dia tidak sedang flu, mungkin karena kurang istirahat, sebab beberapa malam ke belakang saya melihat Zahra begitu sibuk melahap buku-buku bacaan barunya sehingga tidur agak larut untuk ukuran anak usia 7 tahun.

Rasanya sedih sekali melihat Zahra tertidur dengan lemas dan dalam kondisi demam seperti itu. Sebenarnya demam pada anak sudah pernah saya hadapi beberapa kali, tapi tetap saja rasa khawatir itu ada. Banyak faktor yang dapat membuat anak menjadi demam, dari faktor ringan seperti kurang istirahat hingga penyebab-penyebab lainnya yang cukup berat dan serius seperti infeksi saluran pernafasan atau infeksi virus lainnya. Yang pasti walaupun kekhawatiran itu ada, saya gak boleh panik -padahal sedikit panik karena gak bisa main ke pulau-

Dan biasanya jika anak demam hal pertama yang saya lakukan adalah memastikan beberapa hal berikut:

Memastikan Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup. Ya, hal terbaik ketika anak terkena demam adalah tidur. Pada saat tidur otak akan mengeluarkan hormon yang dapat memicu pertumbuhan jaringan baru dan membuat pertahanan tubuh menjadi semakin baik. Dalam keadaan tidur itu pula sel darah putih yang dapat melawan virus dan bakteri diproduksi secara lebih oleh tubuh. Dulu ketika kecil dan saya demam, ibu saya juga menyuruh saya untuk tidur dan menemani saya setiap waktu hingga saya merasa nyaman sekali berada di pelukannya, sekarang saya baru tahu fungsi tidur ketika demam dan sebisa mungkin saya selalu ngelonin saat anak-anak saya juga tidur apalagi ketika mereka sedang demam seperti yang ibu saya lakukan kepada saya.

Cegah Dehidrasi. Pada saat demam anak akan mudah berkeringat, dengan mengkonsumsi air putih tentu saja dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Biasanya sih jika sudah demam akan sangat sulit untuk meminta Si Kecil makan dan minum, sebab nafsu makan dan minumnya sudah pasti menurun. Jika seperti ini saya biasanya yang rajin memberi minum pada mereka, sedikit-sedikit dan lebih sering. Itu saya lakukan dengan target seberapa banyak air yang harus dihabiskan dalam jangka waktu tertentu.

Mengompres Anak. Selain membantu menurunkan demam, mengompres anak dapat membuatnya merasa lebih nyaman dan lebih segar. Ketika anak demam saya lebih sering bertanya langsung pada mereka apakah mereka lebih nyaman untuk dikompres atau tidak? Jika ingin dikompres maunya dikompres pake kompres gel pereda demam sekali pakai atau handuk basah dengan air hangat? Ternyata Si Kecil lebih memilih dengan kompres handuk dan air hangat pada dahi karena merasa lebih nyaman. Sedikit repot memang tapi saya juga sebenarnya sangat menikmati mengompres anak demam dengan handuk dan air hangat, sebab saya jadinya dapat lebih sering melakukan kontak dengan mereka. Ohya untuk mengompres anak pada saat demam sebaiknya gunakan air hangat yah, jika handuk sudah berubah suhunya menjadi lebih dingin, kita bisa merendamnya kembali dalam air hangat untuk digunakan lagi mengompres.

Gunakan Aromaterapi. Aromaterapi juga dapat membantu menurunkan demam pada anak yang sedang flu. Seringnya saya membubuhkan beberapa tetes minyak essential lavender pada diffuser dan meletakkannya di dalam kamar saat si kecil sedang tidur ketika mereka demam. Selain memberi efek santai, menurut beberapa referensi teman, hal ini dapat membantu meringankan demam pada anak.

Kenakan pakaian yang nyaman pada anak. Ya, kenakan pakaian yang nyaman untuk si kecil ketika demam, pakaian nyaman di sini adalah pakaian yang tipis dan tidak tebal, berbahan adem serta mudah menyerap keringat. Jika si kecil mengigil, saya akan menyelimutinya dengan selimut tipis. Ini membantunya menjadi lebih nyaman dalam beristirahat.

Berikan obat penurun demam yang terpercaya. Setiap keluarga dengan anak atau bayi sebaiknya menyediakan obat penurun demam yang aman dan terpercaya di rumah masing-masing. Untuk yang satu ini sudah saya lakukan sejak memiliki bayi pertama. Di rumah kami selalu ada obat penurun demam, dikonsumsi atau pun tidak. Biasanya setahun sekali saya akan memilah mana yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa, diganti dengan yang baru atau membuangnya jika sudah pernah dikonsumsi namun tidak habis.

Inilah tugas ibu yang begitu mulia, menjadi seorang ibu itu harus selalu ada untuk anak terlebih dalam mendampingi tumbuh kembang mereka apalagi jika sedang demam atau anak sakit pasti butuh perhatian lebih. Dan untuk bahasa kasih dan cinta yang tak terbatas ini saya belajar banyak dari ibu saya, Ia adalah orang yang membuat kehidupan saya begitu sempurna dari banyak doa-doanya. Begitupun ketika saya menjatuhkan pilihan untuk obat penurun demam si kecil pada Tempra. Sebab obat penurun demam yang satu ini memang sudah terpercaya di keluarga kami, bahkan sejak saya kecil pun, ketika sedang demam Tempra inilah yang menjadi pilihan ibu saya untuk diberikan ke saya. Gak salah jika saat ini saya juga mempercayai Tempra sebagai obat penurun demam untuk Si Kecil, sebab Tempra aman di lambung, tidak perlu dikocok-larut 100%, dosis tepat (tidak menimbulkan over dosis) dan istimewa di hati.

Tempra dan Variannya

Apalagi Tempra memiliki rasa buah yang enak dan segar, ada rasa jeruk dan rasa anggur, kedua rasa tersebut selalu tersedia di rumah sebab si kakak menyukai rasa anggur dan adek menyukai rasa jeruk.

Ohya, Tempra penurun demam ini adalah salah satu brand obat pereda demam untuk bayi dan anak dengan kandungan Paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Indikasinya: untuk meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit kepala dan sakit gigi serta demam setelah imunisasi.

Terdapat 3 varian dari Tempra, yaitu: Tempra Drops untuk bayi, Tempra Syrup untuk balita dan Tempra Forte untuk anak. Dosis dan pemberian Tempra dapat dilihat di kotak kemasannya ataupun brosur yang terdapat dalam kemasan: untuk bayi dan balita gunakan sesuai dengan petunjuk dokter, anak usia 6-12 tahun 5 ml – 10 ml, di atas 12 tahun 10 ml – 12,5 ml.

Hari menjelang sore dengan hati-hati saya membuka pintu kamar, dan mendapati Zahra tengah tertidur dengan pulas, sebelum memindahkannya dari ruang keluarga ke kamar tidur tadi saya sempat memberinya Tempra Forte dengan rasa jeruk kesukaannya. Perlahan saya kembali mengenggam tangannya dan menyetuhkan punggung tangan saya ke lehernya. Alhamdulillah tubuh Zahra mulai berkeringat dan demamnya sudah mulai turun, jika dia beristirahat dengan cukup malam ini dan banyak minum air rasanya bukan tidak mungkin kami akan benar-benar ke Pulau Samalona, karena Zahra pun akan benar-benar sehat dan kembali ceria lagi, horeee…! Terima kasih Tempra, jujur, rasanya tenang jika kamu ada di rumah….

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra #Tempra #SelaluAdaCintadiHatiBunda

Catatan : Produk Tempra bisa diperoleh di apotik ataupun toko obat di sekitar Anda.

Adek mau poto bareng Tempra juga XD

Sukses Bersama Sophie Paris

Sukses Bersama Sophie Paris

Ini acara kedua dari Sophie Paris yang dapat saya hadiri dengan penuh suka cita. Saya sih memang bukan member Sophie Paris sekarang, gak tau besok… Hehe. Tapi rasanya senang sekali bisa ikutan dalam acara-acara yang mereka gelar, banyak semangat yang bisa menular dan membuat mood menjadi positif. Iya, di sini kita belajar bersama untuk menjadi sukses bersama bukan hanya menjadi heboh bersama. Beneran deh acara kali ini raaame dan seru banget!

Eh ngomong-ngomong, kalian sudah pada tahu dong yang apa itu Sophie Paris?!, malah mungkin salah satu produknya menjadi stuff kesayangan. Atau kalian juga termasuk golongan penggemar katalog terbaru yang diterbitkan oleh Sophie Paris seperti saya?! XD. Nah kabar bahagianya, dengar-dengar sebentar lagi akan ada layanan pembelian online yang akan diperkenalkan oleh Sophie Paris. Pastinya akan memudahkan sekali, mengingat sekarang memang teknologi sudah semakin maju dan jaman kian berkembang, mau nggak mau kita memang harus segera mengikutinya biar gak ketinggalan jaman dan gaptek-gaptek amat.

Tapi sebelum belanja-belanja atau jadi penggiat toko online dari Sophie Paris nanti, kalian mesti siap-siap dulu untuk menjadi sukses!.  Siap gak untuk menjadi sukses dan jadi emak-emak bahagia yang punya sumber pemasukan sendiri?. Untuk menjadi sukses memang kita harus punya keinginan yang kuat untuk maju serta tidak pantang menyerah yang terpenting belajar banyak dari kegagalan. Ngomong-ngomong tentang kegagalan, di acara Sophie Paris yang diadakan pada 25 November 2017 lalu, akhirnya saya bisa bertemu kembali dengan Bruno Hasson – Founder dan CEO Sophie Paris yang gak pelit berbagi tips-tips kerennya untuk membangun sebuah bisnis, juga merinci penyebab kegagalan sebagai berikut:

  • Tidak percaya diri. Kepercayaan diri adalah faktor yang sangat penting dimiliki untuk meraih kesempatan besar. Jika kita memiliki peluang, maka jangan segan untuk mengambil peluang itu. Sebab mungkin saja diantara peluang-peluang tersebuat ada pintu kesuksesan yang menanti.
  • Takut ditolak. Ketakutan ketika ditolak adalah faktor yang dapat membuat kita gagal selanjutnya. Jika fokus pada ketakutan-ketakutan tersebut maka kita sedang menyia-nyiakan kesempatan. Seorang sukses bukan berarti dia tidak pernah ditolak, tapi dia akan termotivasi semakin maju dengan penolakan-penolakan tersebut.
  • Tidak punya modal. Nah ini masalah banget deh hari gini, kadang-kadang kita punya ide yang luar biasa, tapi mentoknya tidak dapat melakukan apapun karena tidak punya modal.

Dari pada gagal berkepanjangan segera ambil kesempatan yang ditawarkan Bruno Hasson lewat Sophie Paris untuk sukses bersama. Bagaimana caranya? Ini dia:

  • Jadilah Brand Ambassador Sophie Paris –hihi, bisa banget yah Bruno-. Tapi benar juga, kalo mau sukses tanpa modal yah harus dimulai dari diri sendiri. Pakai produk yang akan kita jual. “Pakenya mesti yang baru” kata Bruno lagi. Ini juga, ini juga bener, masa brand ambassador pakenya produk lama.
  • Menciptakan pasar. Beli katalog minimal 3 eksemplar supaya bisa disebar ke orang lain, atau membagikannya ke orang lain. Kalau gak rela beliin orang lain, anggap saja menghadiahkannya atau menyedekahkannya ke teman atau sahabat. Percaya deh, gak ada yang mampu menolak katalog Sophie Paris dan menikmati gambar-gambar produk kece di dalamnya.
  • Aktif dalam kegiatan Sophie Paris. Jangan pernah mau ketinggalan untuk setiap acara yang ditawarkan oleh Sophie Paris, segera ambil bagian dari acara-acara tersebut, paling tidak rajin-rajinlah registrasi saat acara tersebut. Kalau belum rezeki banyak penjualan paling nggak ada peluang rezeki dapet doorprize… XD.
  • Menjadi SLC, cukup bintang 1. Bagi mereka yang sukses melakukan program ini, gak pake lama langsung dapat reward. Ada beberapa orang yang sudah membuktikan kesuksesannya dan langsung memberikan testimoni pada acara kemaren.

    Setelah berbagi tips sukses yang disambut dengan antusias undangan yang hadir, acara pun ditutup dengan bagi-bagi hadiah dan doorprize, apa saya bilang, kan bener ajah Sophie Paris emang hobi bagi-bagi hadiah hehe. Menyenangkannya lagi diakhir acara saya masih diberi kesempatan mengikuti sesi khusus bersama Bruno Hasson untuk nanya-nanya langsung. Saya mendapati sosok Bruno Hasson ini sosok yang rendah hati banget, dia mau ajah ceritain kami tentang perjalan Sophie Paris dan ragam produknya yang berkualitas walaupun masih terlihat lelah menyambut 1000an ibu-ibu di Sandeq Ballroom dari Hotel Sahid Makassar. Begitulah orang sukses, ia akan selalu menginspirasi dengan kerendahan hati, begitu juga Bruno Hasson bersama Sophie Paris.

    Creating Thinking, Creative Making

    Creating Thinking, Creative Making

    Pandangan saya bertemu dengan Zahra, anak pertama saya, ketika usai mengambil set alat mewarnai yang sudah lama saya incar. Mata lucunya semakin lucu ketika ia menyunggingkan sebuah senyum yang memperlihatkan giginya yang baru tumbuh setelah gigi sebelumnya tanggal. Namun seketika, senyuman itu tidak selucu matanya saat saya mendapati beberapa pensil warna dan crayon di tangannya, yang artinya kami akan menghabiskan beberapa menit ke depan untuk negosiasi pembelian lagi pensil-pensil warna dan crayon tersebut, mana yang akan dibawa pulang dan mana yang akan ditinggalkan bersama kenangan atau malah membawa pulang semuanya. Baiklah, untuk yang satu ini saya akan membenarkan jika “Buah jatuh memang tak akan jauh dari pohonnya”. Kami memang sama-sama sulit menolak pesona alat-alat mewarnai dan menggambar, lalu semuanya semakin sempurna dengan kedatangan Faizah –adiknya Zahra- yang mendekap erat penuh cinta spidol warna-warni. Inilah gambaran salah satu keluarga bahagia di pojokan sebuah toko buku yang cukup besar di kota kami, yang terjebak dalam dinamika kehidupan antara emak dan anak!.

    Sebenarnya saya sangat senang dengan kejadian tersebut, melihat antusias mereka yang begitu besar dengan beragam alat mewarnai dan menggambar, ini menandakan bahwa sepulangnya kami nanti akan banyak kegiatan yang berhubungan dengan pensil warna, crayon dan spidol-spidol itu, serta mereka akan melupakan penggunaan gawai walau sekedar menggeser-geserkan jari mereka untuk mencoba berkomunikasi dengan seekor kucing digital aneh yang sangat bahagia didzolimi bernama Tom.

    Read the rest of this entry

    Doa Rakyat Jelata

    Doa Rakyat Jelata

    foto instagram: tni_angkatan_darat

    Kerukunan, toleransi, kebersamaan, kedamaian dan persatuan dan Kesatuan

    Siapa yang tak kenal dengan TNI, singakatan dari Tentara Nasional Indonesia, sebuah angkatan perang dari negara Indonesia. Yang pada awal mula dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat kemudian diubah menjadi Tentara Republik Indonesia. Lalu siapa pula yang tak kenal POLRI, Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan motonya: Rastra Sewakotama, yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa – [WIKIPEDIA]. Dimana kepada merekalah harapan-harapan besar bangsa ini diletakan bersama kepercayaan rakyat Indonesia, begitulah yang saya yakini hingga saat ini dan itupula yang akan saya beritahu dan tanamkan pada anak-anak saya serta saya ceritakan pada cucu-cucu saya kelak.

    ***

    Read the rest of this entry

    BRI Poin, Transasi Terus, Untung dan Keren Terus dari BRI Poin

    BRI Poin, Transasi Terus, Untung dan Keren Terus dari BRI Poin

    Nabung biasanya pake apasih?! Pake duit dong yah… Tentu saja selain pake amal sholeh untuk bekal akhirat nanti, ternyata kalian bisa juga nabung pake poin loh. Jika biasanya kalian nitip duit di bank untuk memudahkan berbagai transaksi, bayar ini, bayar itu, transfer sana, transfer sini, maklum dunia sudah berubah, jaman serba digital dan kemajuan teknologi kian pesat mau gak mau kita harus mampu beradaptasi menjadi masyarakat jaman now yang cenderung selalu ingin serba cepat dan mudah asal gak nabrak tiang listrik ajah sampe benjol segede bapau. Selagi kebiasaan ini menuntut dunia perbankan untuk terus beradaptasi memenuhi tuntutan perubahan tersebut, kalian boleh menikmati bertransaksi digital sambil nabungin poin-poin. Asyik lah pokoknya mah gak punya duit tapi bisa tetep nabung dengan BRI Poin!. Jadi walaupun ada perubahan posisi dari harta kita –hallah harta XD- kita masih tetep punya harta lainnya (baca: poin) hihi.

    Terus apasih BRI Point itu? Nah, sebelum kalian saya kasih tau, saya mau cerita sedikit dulu. Kemarin itu hari sabtu tanggal 11 November 2017 saya mendapat undangan untuk menghadiri salah satu acara yang kece banget. Biasanya sih saya paling males ikutan acara di hari sabtu karena lebih memilih mengisi waktu bareng keluarga buat jalan-jalan-kah!? Makan-makan-kah!? Atau apa saja yang dapat melibatkan semua anggota keluarga. Soalnya di 5 hari sebelumnya kami bakalan susah ngumpul kalo nggak pagi dan malem doang. Tapi berbeda dengan acara yang satu ini, feelingnya enak ajah nerima undangan untuk hadir gitu. Maka datanglah saya ke launching BRI Poin ini diantar oleh taxi online yang sopirnya wangi banget… Lalu saking semangatnya sampe lupa untuk registrasi dan silaturahmi sama mbak-mbak bagian registrasi  yang cakep-cakep banget dah, masyaaAllah-*saliim-.

    Read the rest of this entry