Produktif Bersama Alfamart

Produktif Bersama Alfamart


Hai dears, kalau punya waktu luang biasanya kalian ngapain sih? Tidur-tiduran? Baca buku? Nonton? Beberes rumah? Nyalon? Atau jajan buat nemenin mengisi waktu luang itu sendiri? Hehe… Terus kalau jajan, kalian sukanya kemana sih? Warung dekat rumah? Nungguin abang jualannya lewat? Pesan antar? Atau langsung ajah ke toko atau warung kayak saya?. Iya, kalau saya memang sukanya jajan ke toko apa warung yang dekat dengan rumah. Tapi kalau jajanan yang mau saya beli gak ada di toko atau warung dekat rumah, berarti ke mana lagi jika bukan ke Alfamart.

Ngomong-ngomong tentang jajan dan transaksi jual beli harian lainnya, ternyata selain menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dan sebagai perusahaan waralaba yang sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan kerap menghadirkan berbagai macam promo, Alfamart memiliki cerita menarik yang baru saya ketahui beberapa hari terakhir belakangan ini.

Iya, toko retail yang di dominasi dengan warna merah dan biru serta berikon lebah unyu ini mempunyai kegiatan yang cukup menarik di setiap cabangnya. Nih ya, misalnya salah satu cabangnya yang berada di jalan Landak Baru atau jalan Andi Djemma kini. Ia mempunyai kegiatan khusus pembinaan untuk ibu-ibu warga sekitar tokonya tersebut atau untuk warga pra-sejahtera.

Alfamart mengadakan pelatihan yang seru untuk meningkatan produktifitas warga setempat agar produktif mengisi waktu luangnya hingga dapat menambah penghasilan dan mandiri. Untungnya saya mendapat kesempatan untuk hadir di salah satu pelatihan dan mengikuti program binaan dari Alfamart Landak Baru ini. Kata mba Ulfa, selaku  salah satu corporate communication Alfamart, ternyata program ini sudah berjalan cukup lama, dengan ragam pelatihan yang berbeda di tiap pertemuannya. Duh, kenapa saya baru tahu sekarang yah?! Kemarin-kemarin taunya kalau ke Alfamart itu cuman beli beberapa kebutuhan harian atau jajan es krim doang

Jadi sabtu kemarin ibu-ibu binaan serta warga pra-sejahtera sekitar Alfamart Landak Baru sudah berkumpul di lantai 2 toko Alfamart Landak Baru. Dari luar bangunan berlantai dua ini mungkin tidak akan tampak ada kegiatan apapun di dalam sana. Tapi setelah masuk dan naik ke lantai 2, ternyata sudah banyak orang yang berkumpul untuk mengikuti pelatihan menganyam rotan. Saya sendiri baru hadir beberapa saat sewaktu kegiatan itu sementara berjalan. Wah, rasanya senang sekali sebab saya memang menaruh minat yang besar pada kegiatan-kegiatan seperti ini.

Sekitar lebih kurang 20 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, semuanya terihat begitu antusias dan happy banget. Disela-sela anyaman yang sedang mereka kerjakaan kadang terselip candaan yang membuat kami tertawa-tawa menumbuhkan suasana kekeluargaan yang hangat.

Ohya dalam pelatihan kali ini, Alfamart mengundang Daeng Eppe untuk membantu kami belajar membuat anyaman dari rotan membentuk sebuah wadah yang cantik. Daeng Eppe sendiri adalah seorang pengrajin rotan yang berdomisili di Takalar dan telah menggeluti kerajinan rotan ini sejak 3 hingga 4 tahun terakhir. Kata Daeng Eppe, ketika kita mulai menganyam rotan, kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses membuat sebuah produk –ya iyalah, kalau tidak ada alat dan bahan gimana mau buatnya yah? XD-. Kemudian kita harus teliti dan sabar agar anyaman kita hasilnya bagus, rapih dan bernilai jual tinggi. Untuk membuat sebuah keranjang kecil seperti yang dipraktikan kemarin, Daeng Eppe biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja untuk mengerjakanya, berbeda dengan ibu-ibu dan warga yang mengikuti pelatihan tersebut, mereka mempunyai waktu yang cukup panjang untuk belajar membuat kerajang sederhana.

Jadi selain Belanja Puas, Harga Pas di Alfamart, ternyata terdapat pelatihan-pelatihan binaan dari Alfamart. yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Alfamart itu sendiri. Ini merupakan wujud dari kepedulian Alfamart untuk para pelanggan setia Alfamart juga warga sekita toko agar tentu saja dapat lebih produktif dan ilmu yang di dapat dari pelatihan-pelatihan tersebut dapat bermanfaat sebagai penambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penasaran bagaimana cara membuat keranjang sederhana dari rotan? Jangan khawatir nanti akan saya bagi untuk kalian, tapi sebelumnya yuk jajan dulu di Alfamart, hehe…

Comments are closed.