Satu Kamera Ponsel Terbaik Untukmu

Satu Kamera Ponsel Terbaik Untukmu

screenshot_2017-02-15-23-06-52Sebab selfie tak hanya berupa gambar, tapi juga video yang mampu merekam dengan focus lock secantik Raisa cukup memakai camera phone

Dulu saya berpikir jika ponsel adalah salah satu perangkat yang cukup digunakan hanya sebagai alat komunikasi saja atau mungkin sesekali mengambil gambar dengan kameranya. Namun Seiring dengan berjalannya waktu ternyata kebutuhan tidak hanya sebatas itu, saya membutuhkannya lebih dari sekadar alat komunikasi atau mengambil gambar saja. Ya, kebutuhan akan teman dengan ruang yang lebih besar di hatinya agar kami bisa lebih saling memahami. Saya membutuhkan ruang-ruang tadi untuk menyimpan berbagai dokumen dan modul untuk bahan presentasi, memerlukannya untuk mengolah materi fotografi dengan cepat, santai, dimana dan kapan saja, memasukan beberapa game sebagai hiburan, berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang, serta membingkai waktu bersama teman-teman dan para kesayangan dengan kualitas yang baik, juga menyimpan cinta yang ragu untuk dilupakan –hallah!XD-.

17-02-15-23-30-07-792_decoOPPO Selfie Tour 2017

Pagi sedikit mendung selapas hujan hari itu dan ia meninggalkan genangan rindu air serta jalan yang basah dimana-mana, selasa 7 Februari 2017 adalah waktu bagi Makassar menjadi kota ke-4 yang  mendapat kesempatan kunjungan dari rangkaian OPPO Selfie Tour 2017 setelah sebelumnya berlangsung di Jakarta, Malang dan Palembang. Sebuah café bernuansa klasik dengan suasana yang nyaman dan hangat serta sajian steak lezatnya juga es krim nikmatnya yang menggoda dan menjadi salah satu terfavorit di Makassar adalah tempat kami berkumpul, Bon café namanya terletak jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar bagian utara.

Maka rasanya bukanlah suatu kebetulan ketika saya memutuskan menerima undangan OPPO Selfie Tour 2017 yang dibagikan oleh teman-teman Blogger Makassar kemarin. Mungkin memang sudah saatnya saya menemukan dan menentukan pendamping hidup baru lalu mengistirahatkan ponsel lusuh berjiwa-militan-penuh-suka-cita yang telah menemani saya sejak lebih kurang empat tahun terakhir ini, OPPO R815. Terlebih ketika saya mengetahui bahwa dalam rangkaian acara tersebut akan ada sesi berbagi; workshop fotografi dan videografi tentang bagaimana memaksimalkan  kegunaan fitur-fitur kamera OPPO untuk hasil gambar terbaik oleh beberapa ekslusif media partner OPPO, diantaranya; Bapak Aryo Meidianto Aji selaku Media Engangement OPPO Indonesia, Bapak Kristian Tjahjono selaku Managing Editor yangcanggih[dot]com dan Ibu Fatimah Kartini Bohang selaku Kompas Tekno Journalist.

Sharing Photografi

Acara dibuka oleh MC dengan santai setelah sebelumnya kami dipersilahkan untuk coffee break. Kristian Tjahjono memulai sesi pertama dengan berbagi ulasan tentang fotografi menggunakan perangkat kamera OPPO F1s. Memang benar hasil yang baik dapat diberikan oleh smartphone yang satu ini terlihat dari gambar-gambar yang diambil langsung oleh bapak Kristian dengan menggunakan perangkat tersebut, hasilnya tajam dengan resolusi tinggi untuk sebuah kamera ponsel sudah tidak diragukan lagi sehingga dapat dicetak dengan ukuran yang besar, juga untuk pengambilan gambar close-up.

Ia juga berbagi tips cara mengambil gambar yang tepat  dan menekankan bahwa hal terpenting dalam pengambilan sebuah gambar adalah pencahayaan dan focus gambar yang baik, mengatur focus, white balance, exposure, shutter, dan ISO. Yang lebih mem-ba-ha-gia-kan, ternyata semua itu telah dibenamkan ke dalam perangkat OPPO F1s dalam menu Expert Mode, lalu rekaman gambar-gambar tadi dapat disimpan dalam format RAW dan dapat pula dengan mudah dibuka kembali lewat perangkat ini karena didukung oleh kapasitas memorinya yang besar.

Sesi yang satu ini cukup menyita perhatian saya dan teman-teman, karena kebanyakan dari kami memang lagi senang-senangnya mengambil gambar, baik dengan kamera secara langsung juga dengan menggunakan kamera ponsel.

Sharing Videografi / Video Blogging

“ Untuk membuat video yang menarik, kalian harus menjadi diri sendiri dan memiliki keunikan tersendiri …” Begitu kata Ibu Fatimah Kartini Bohang saat sesi sharing video dan video blogging setelah sesi makan siang dan istirahat berlangsung. Tips-tips menarik seputar membuat sebuah video agar tidak membosankan pun mengalir mencairkan suasana siang itu bersama dengan antusias peserta yang tidak henti-hentinya bertanya. Sepertinya para peserta siang itu begitu tertarik membuat video yang unyu-unyu ala selebgram, selebtweet, dan youtuber atau vlogger … Asyik, hihi. Mereka termotivasi untuk segera memulai dan membuat karya dengan sederhana dengan membangun karakteristik masing-masing sehingga memiliki keunikan tersendiri.

Video yang menarik tentu saja tidak membuat orang yang menontonnya bosan, bukan? Maka menurut ibu Fatimah Kartini Bohang yang akrab disapa Tini Bohang, agar sebuah video menjadi menarik dan tidak membosankan, kalian harus bisa  menetukan kategori video yang akan kalian buat terlebih dahulu, misalnya apakah itu tentang parenting, fashion, kuliner, traveling, musik atau yang lainnya. Lalu berikan judul yang sesuai dengan tema video dan cerita yang ingin disampaikan, lakukanlah pengeditan dengan transisi yang tepat, tambahkan musik yang senada dengan tema cerita, serta yang terpenting, sekali lagi, memiliki kreatifitas yang tinggi. Karena kreatifitas yang tinggi dapat membuatmu menghasilkan karya yang bagus walaupun dengan perangkat yang sederhana atau hanya dengan sebuah kamera ponsel saja ketimbang harus menggunakan perangkat yang bisa jadi cicilannya sama dengan jatah katering di kantormu selama 3 bulan XD -eh curcool…-.

Sebelum sesi sharing video berakhir, sebuah video show Raisa ditampilkan oleh Bapak Aryo Meidianto Aji. Jujur saja sesi inilah yang paling banyak menyita perhatian saya. Saya sempat bergeming menonton video tersebut, bukan hanya karena Raisa tampak begitu cantik di sana, namun karena cahaya lampu-lampu yang menjadi latar belakang dan berkerlip-kerlip itu tidak mempengaruhi bayangan Raisa yang terekam dalam video, focus lock bekerja dengan baik menangkap bayangan Raisa tampaknya. Dan inilah yang membuat saya cukup merasa takjub, karena saya tahu video itu direkam hanya dengan menggunakan camera ponsel OPPO F1 Selfie Expert!.

oppo2OPPO F1s Selfie Expert

Sebagai salah satu produsen premium layanan elektronik dan teknologi global, rasanya tepat jika OPPO ingin lebih memperkenalkan perangkat Selfie Expert dari salah satu produknya yang dikeluarkan di tahun yang lalu, yaitu OPPO F1s Selfie Expert. Perangkat ini memiliki fitur dan performa yang maksimal dan tangkapan gambar yang sangat memuaskan untuk sebuah smartphone yang dibanderol se-harga Rp. 3.899.000 dengan RAM 4 GB dan ROM 64GB, Operating system ColorOS 3.0 Android 5.1 yang memiliki dua slot untuk SIM card dan sebuah layar Gorilla Glass 4 dengan flass touch access 5,5”. Uwooww… Menarik? Tentu saja! Terlebih ketika kami diberi kesempatan satu-satu untuk mengoprasikan perangkat keren yang satu ini.

Keindahaan saat Dilihat dan Digenggam

Smartphone ini dibuat dengan halus, dengan keindahan yang mempesona dalam balutan warna gold dan rose gold yang elegan dan kekinian, memiliki body yang ramping sehingga sangat nyaman dan pas digenggam juga memiliki dimensi yang tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil hingga dengan berat yang sesuai;

Tinggi 154.5 mm
Lebar 76 mm
Ketebalan 7.38 mm
Berat 160 g

Kamera Depan 16 MP; More lights, More details

OPPO F1s menggunakan kamera depan Beautify 4.0 dengan sensor 1/3.1-inci & aperture F/20. Menghasilkan cahaya yang lebih banyak diterima oleh kamera dan meningkatkan sensitivitasnya, sehingga kalian dapat mengambil gambar sendiri yang terlihat natural meski dengan kondisi cahaya yang minim. Kamera Beautify itu sendiri memudahkan dalam mengabadikan tampilan terbaik dan meminimalisir kerusakan bayangan yang terekam. Sederhananya beautify ini membuat kalian semakin cakep kalau di foto walau gak bedakan sekalipun, yaaaaiiiyyy!

Filters

Menghadirkan beragam plug-in yang bisa ditambah & filter-filter yang memberikan banyak pilihan untuk kalian mengambil gambar dan mengedit gambar dengan berbagai nuansa.

Kamera Belakang 13MP; Wonderful Night Shots

Fs1 memiliki kamera belakang 13MP dengan chip pengolah citra yang terdepan di kelasnya. Sensornya juga dapat memaksimalkan sensivitas cahaya dan menghasilkan performa foto malam yang menakjubkan. Pixelnya yang besar juga menambah ruang dinamis dan kedalaman gambar yang tajam juga detail untuk mengambil gambar.

0,22 Touch Access; Done Before You Notice

Kalian akan rasakan pemindai sidik jari yang dibuat dengan baik, halus, sensitif dan tahan lama saat pertama disentuh. Walau dengan tombol pemindai setebal 0,1mm, sensornya cepat dan lebih tepat. Dan dengan teknologi self-learning arithmetic buatan OPPO ini, apabila semakin sering digunakan, maka membuat pemindainya semakin sensitif dan akurat pula. Dapat membuka layar dengan cepat sehingga membuatmu kagum.

dimentionoppo

Wah, keren yah OPPO F1s ini, tak kalah keren dengan acara OPPO Selfie Tour 2017 yang menjadi semakin menarik dengan diadakannya praktek foto salah satu menu dari Bon Cafe dengan plating yang cantik setelah sharing session ke-2 berakhir didampingi langsung oleh Kristian Tjahjono, dan tentu saja dengan menggunakan smartphone OPPO F1s yang dipinjamkan oleh panitia kepada semua peserta yang hadir, yang diakhiri dengan lomba foto dan video.

winarnikas

salah satu foto pemenang dari lomba foto OPPO Selfie Tour 2017 – Karya: Winarniks

Masih penasaran? Jangan khawatir, kalian dapat membuka tagar #OPPOSelfieTour2017 dan #TourDeMakassar untuk kepo-in foto-foto keren dari acara ini atau dengan mengikuti akun [at]OppoIndonesia, [at]OppoCommunity dan [at]YangCanggih. Acara pun ditutup dengan foto bersama dan pengembalian OPPO Fs1 kepada panitia. Huhuhu … Tak rela … Tak relaaa! XD.

foto rame-rame

oppo

Comments are closed.