MorulaIVF Makassar; Impian Memiliki Bayi Sehat

“Kapan menikah?” dan “Kapan punya anak?” adalah dua pertanyaan yang memiliki efek sama nyebelinnya! Pertanyaan sensitif yang kadang terlontar begitu saja tanpa rasa bersalah dari orang-orang yang emang peduli atau dari mereka yang emang sok peduli padahal pen ngebuli. Deeuh, baru nulis ajah udah nge-gas, hihi…

Tapi jujur, saya jauh lebih sensi dengan pertanyaan “Kapan punya anak?” ketimbang “Kapan menikah?”. Sebab “Kapan punya anak?” memiliki beban moril tersendiri, sepertinya kalau sudah menikah harus selalu punya anak dan semuanya akan mulus-mulus ajah. Pliss deh! Lagian masalah rahim dan kesuburan orang bukan urasan kamuuh…  Apalagi banyak kasus tentang ketidak-suburan pasti apa-apa yang disuudzon-in duluan, istrinya. Padahal mah, masalah subur itu milik bersama pasangan yang telah menikah. Betul – tidak? Betul…!

Memangnya tidak subur itu apa sih? Secara medis tidak subur atau infertil pada pasangan suami istri digolongkan demikian apabila setelah satu tahun usia pernikahan  tanpa menggunakan alat kontrasepsi belum juga dikarunia buah hati. Dapat juga dikatakan tidak subur apabila kehamilan selalu mengalami keguguran.

Lalu faktor apa saja penyebabnya? Beberapa faktor peyebab ketidak-suburan antara lain:

  • Jumlah dan kualitas sperma sedikit atau tidak ada sama sekali.
  • Jumlan dan kualitas sel telur sedikit atau tidak ada sama sekali.
  • Terhalangnya pertemuan antara sel telur dengan sel sperma.
  • Terhambatnya proses menempelnya embrio di dalam rahim.

Begitu, emang siapa sih yang gak pengen punya anak setelah menikah? Kecuali memang gak ada naluri untuk memiliki keturunan atau punya idealisme sendiri tentang sebuah keluarga. So, jangan ada pertanyaan “Kapan punya anak?” atau “Kapan nambah lagi?” diantara kita yeeh… …! Kecuali kamu bisa ngasih solusi atau mendoakan dengan doa-doa terbaik.

Seperti yang ditawarkan oleh Morula IVF, sebuah solusi program kehamilan yang telah hadir di Indonesia sejak 2011 dan di Makassar sejak 2017 sebagai cabang ke-7-nya. Morula IVF Makassar telah membantu  3.465 pasangan yang mendambakan buah hati dan untuk persentase 30% dari siklus fresh cycle juga menduduki posisi peringkat ke 6 siklus terbanyak dari 34 center bayi tabung di Indonesia pada tahun 2018. Ohya bukan berarti klinik ini hanya menerima program bayi tabung yah, tapi Morula IVF Makassar juga melayani konsultasi program kehamilan pada umumnya.

Teknologi Canggih Morula

Terus, apa saja sih teknologi canggih Morula? Nah, untuk khusus untuk program bayi tabungnya, pertama, pada pasien yang tidak didapatkan sperma saat analisa sperma (azoospermia) dapat diupayakan pengambilan sperma langsung dari testis, melalui prosedur Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration (PESA) atau Testicular Sperm Aspiration (TESA). Kemudian teknologi canggih berikutnya adalah Intracytoplasmic  Sperm Injection (ICSI) dimana proses pembuahan (fertilisasi) dilakukan dengan cara menyuntikan satu sperma terpilih langsung ke dalam sel telur, dengan teknologi ICSI, dengan teknologi ini penolakan sel telur terhadap sperma suami juga bisa dihindari. Berbeda dengan cara konvensional yang memerlukan sekitar 40.000 sperma untuk membuahi satu sel telur, serta kemungkinan gagal fertilisasi karena penolakan sperma suami oleh sel telur istri.

Selanjutnya dengan teknologi Intracytoplasmic Morphologically Selected Sperm Injection (IMSI), teknologi yang serupa dengan ICSI, pemilihan sperma terbaik dilakukan lebih detail menggunakan mikroskop khusus yang dapat memperbesar penampakan sperma hingga 6.000 kali. Dengan teknologi IMSI, kecacatan bentuk pada sperma bisa dideteksi sebelum fertilisasi. Sperma yang mempunyai bentuk tidak sempurna akan berakibat pada perkembangan embrio yang kurang baik dan berakhir dengan gagalnya program bayi tabung.

Teknologi IMSI merupakan pengembangan ICSI untuk meyeleksi sperma lebih detail menggunakan mikroskop dengan kemampuan pembesaran sangat tinggi. Tehnik ini memungkinkan ahli emriologi memilih sperma terbaik untuk proses fersilisasi. Dengan tehnik ICSI, seleksi sperma dilakukan dengan pembesaran 40 kali, sementara dengan IMSI pembesaran dilakukan hingga 6.000 kali.

Untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, Morula IVF Makassar juga telah menyediakan teknologi terbaru kedua pada program bayi tabung yaitu Time Lapse. Memegang peranan penting dalam tahap pemilihan embrio terbaik dan penggunaan Time Lapse sangat perlu untuk dipertimbangkan sebagai langkah mengamati perkembangan sel embrio, sehingga embrio dengan perkembangan atau pembelahan sel yang tidak normal dapat diketahui. Tentu saja dengan kualitas embrio yang baik akan membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.

Di Indonesia, teknologi IMSI masih baru dan hanya diterapkan di beberapa klinik fertilasi, sedangkan untuk Time Lapse sendiri hanya ada 4 center klinik bayi tabung yang memilikinya termasuk Morula IVF Makassar.

Layanan Morula IVF Makassar

Masih penasaran tentang layanan Morula IVF bagi kalian yang sedang program kehamilan? Jadi, layanan Morula IVF Makassar itu meliputi:

  1. Program kehamilan dibantu – In Vitro Fertilisation (IVF) dan Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI), Intra Uterine Insemination (IUI), pembekuan sperma dan embrio.
  2. Intracytoplasmic Morphologically Selected sperm Injection (IMSI).
  3. Time Lapse.
  4. Layanan akupuntur khusus infertilitas dan kehamilan.
  5. Layanan konsultasi kesehatan pria.
  6. Layanan PESA/TESE.
  7. Layanan konseling psikologi dengan psikologi klinik.
  8. Jasa labotorium spermatologi – analisa sperma dan pencucian sperma
  9. Bank sperma dan embrio.

Dengan alat-alat kedokteran terkini serta prinsip High End Tech Morula IVF Makassar akan memberikan perawatan khusus dan profesional disetiap tahap juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang sepenuh hati dengan layanan pelanggan yang terstandar.

Ohya 25 Agustus kemarin senangnya saya mendapat kesempatan hadir sebagai undangan dalam perayaan 2 tahun berdirinya Morula IVF Makassar di Mall Phinisi Point dong. Bahagia banget jadi bisa tambah ilmu sekalian nonton bareng film pendek “Cucu” persembahan Morula IVF Makassar.

When dreams come true… Memiliki Buah Hati adalah impian bagi setiap pasangan, Morula IVF Makassar siap membantu mewujudkan impian kamu dengan value; respek, kesetaraan, keterbukaan, integritas, pemberdayaan dan keselamatan. Juga jangan lupakan langitkan doa-doa terbaikmu.

Klinik Morula IVF Makassar
RS. Awal Bros Lt. 9
Jl. Urip Sumoharjo No. 43
Makassar – Sulawesi Selatan
0411 4675157 / 085 398300053
IG: morula_ivfmakassar

6 thoughts on “MorulaIVF Makassar; Impian Memiliki Bayi Sehat”

  1. Betul itu, pertanyaan “kapan punya anak?” benar-benar bisa jadi beban moral yang sangat berat. Daripada tanya-tanya yang bikin stres begitu, bayarin program Morula IVF kek. Jangan tanggung-tanggung kalo mau kasih perhatian. Yekan?

  2. Betul itu, pertanyaan “kapan punya anak?” benar-benar bisa jadi beban moral yang sangat berat. Daripada tanya-tanya yang bikin stres begitu, bayarin program Morula IVF kek. Jangan tanggung-tanggung kalo mau kasih perhatian. Yekan?

  3. Betul itu, pertanyaan “kapan punya anak?” benar-benar bisa jadi beban moral yang sangat berat. Daripada tanya-tanya yang bikin stres begitu, bayarin program Morula IVF kek. Jangan tanggung-tanggung kalo mau kasih perhatian. Yekan?

  4. Bener2 penuh perjuangan buat yang belum dikaruniai buah hati ya… Orang2 yang bertanya kadang gak pake hati, mereka gak tau kalo belum tentu semua orang bisa melalui jalan mulus untuk dapat anak.

    Untung ada Morula IVF Mks yang siap membantu mewujudkan impian pasutri.

  5. Bener2 penuh perjuangan buat yang belum dikaruniai buah hati ya… Orang2 yang bertanya kadang gak pake hati, mereka gak tau kalo belum tentu semua orang bisa melalui jalan mulus untuk dapat anak.

    Untung ada Morula IVF Mks yang siap membantu mewujudkan impian pasutri.

  6. Bener2 penuh perjuangan buat yang belum dikaruniai buah hati ya… Orang2 yang bertanya kadang gak pake hati, mereka gak tau kalo belum tentu semua orang bisa melalui jalan mulus untuk dapat anak.

    Untung ada Morula IVF Mks yang siap membantu mewujudkan impian pasutri.

Comments are closed.